Klasifikasi Makhluk Hidup

Semua organisme hidup diklasifikasikan ke dalam kelompok-kelompok berdasarkan pada karakteristik yang sangat mendasar dan dimiliki bersama. Organisme dalam masing-masing kelompok kemudian dibagi lagi menjadi kelompok yang lebih kecil. Kelompok-kelompok yang lebih kecil ini didasarkan pada kesamaan yang lebih rinci dalam setiap kelompok yang lebih besar. 
Sistem seperti ini sangat memudahkan dan membantu para ilmuwan untuk mempelajari kelompok organisme yang diinginkan. Penampilan, reproduksi, mobilitas, dan fungsionalitas merupakan beberapa faktor di mana organisme hidup dikelompokkan bersama. Kelompok yang bermacam-macam ini secara kolektif disebut klasifikasi makhluk hidup. Klasifikasi makhluk hidup meliputi 7 tingkat. Yuk cek dibawah


Kingdom
Klasifikasi makhluk hidup yang paling dasar adalah kingdom. Saat ini ada lima kingdom. Makhluk hidup ditempatkan ke dalam kingdom tertentu berdasarkan pada bagaimana mereka mendapatkan makanan mereka, jenis sel yang membentuk tubuh mereka, dan jumlah sel yang dikandungnya.

Filum
Filum adalah tingkat berikutnya yang mengikuti kerajaan dalam klasifikasi makhluk hidup. Ini adalah upaya untuk menemukan semacam kesamaan fisik antara organisme dalam suatu kerajaan. Kesamaan fisik ini menunjukkan bahwa ada nenek moyang yang sama di antara organisme dalam filum tertentu.

Kelas
Kelas adalah cara untuk lebih lanjut membagi organisme filum. Seperti yang bisa Anda tebak, organisme dari suatu kelas bahkan memiliki lebih banyak kesamaan daripada yang ada di seluruh filum. Manusia termasuk dalam Kelas Mamalia karena kita minum susu saat masih bayi.

Ordo
Organisme di setiap kelas selanjutnya dipecah menjadi Ordo. Kunci taksonomi digunakan untuk menentukan ordo mana yang dimiliki organisme. Kunci taksonomi sebenarnya merupakan salah satu karekteristik yang menentukan bagaimana organisme dikelompokkan bersama.

Family
Ordo dibagi menjadi beberapa keluarga. Organisme dalam suatu keluarga memiliki lebih banyak kesamaan daripada dengan organisme pada tingkat klasifikasi apa pun di atasnya. Karena mereka memiliki banyak kesamaan, organisme dari suatu keluarga dikatakan saling terkait. Manusia berada di Keluarga Hominidae.

Genus
Klasifikasi jenisi ini membuat kita untuk menggambarkan nama generik untuk suatu organisme. Klasifikasi genus sangat spesifik sehingga ada lebih sedikit organisme dalam masing-masing. Maka dari iru ini ada banyak genera yang berbeda antara hewan dan tumbuhan. Saat menggunakan taksonomi untuk menyebut suatu organisme, genus digunakan untuk menentukan bagian pertama dari nama dua bagiannya.

Spesies
Spesies adalah spesifik yang Anda bisa dapatkan. Spesies merupakan tingkat klasifikasi makhluk hidup yang paling rendah dan paling ketat. Kriteria utama bagi suatu organisme untuk ditempatkan dalam spesies tertentu adalah kemampuan untuk berkembang biak dengan organisme lain dari spesies yang sama. Spesies suatu organisme menentukan bagian kedua dari nama dua bagiannya.

Mengapa kita mengklasifikasikan makhluk hidup hari ini?
Sejak zaman Darwin, klasifikasi biologis mulai dipahami sebagai cerminan jarak evolusi dan hubungan antar organisme. Makhluk zaman kita memiliki nenek moyang yang sama di masa lalu. Dalam arti yang sangat nyata, mereka adalah anggota dari silsilah keluarga yang sama.
Keragaman besar kehidupan sebagian besar merupakan hasil dari evolusi bercabang atau radiasi adaptif. Ini adalah diversifikasi spesies menjadi garis yang berbeda karena mereka beradaptasi dengan relung ekologis baru dan akhirnya berkembang menjadi spesies yang berbeda. Seleksi alam adalah mekanisme utama yang menggerakkan radiasi adaptif.
Seperti inilah artikel kami tentang klasifikasi makhluk hidup. Semota dapat membantu dan memberikan ilmu baru bagi pembaca sekalian.

0 Response to "Klasifikasi Makhluk Hidup"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel