Hubungan Momentum, Impuls, dan Tumbukan

Momentum
Sebagai bagian dari pelajaran ini, momentum adalah istilah yang biasa digunakan dalam olahraga. Ketika seorang penyiar olahraga mengatakan bahwa sebuah tim memiliki momentum, itu berarti tim tersebut benar-benar bergerak dan akan sulit untuk berhenti. Istilah momentum adalah konsep fisika. Objek apa pun dengan momentum akan sulit dihentikan. 

Suatu objek, perlu untuk melawan gerakan untuk periode waktu tertentu. Semakin banyak momentum yang dimiliki suatu objek, semakin sulit untuk berhenti. Dengan demikian, hal ini akan membutuhkan lebih banyak waktu atau keduanya untuk menghentikan objek seperti itu. Sebagai kekuatan aksi pada objek, kecepatan objek berubah; dan karenanya, momentum objek berubah.
Informasi abstrak untuk kalian. kalian telah mengamati ini beberapa kali jika kalian telah menonton olahraga sepakbola. Dalam sepakbola, pemain defensif menguasai bola.


Kalian juga mengalami banyak kali saat mengemudi. Ketika kalian membawa mobil kalian ke hal-hal ketika mendekati tanda berhenti atau lampu merah, rem berfungsi untuk memberikan kekuatan pada mobil selama jumlah waktu tertentu untuk mengubah momentum mobil. Objek dengan momentum dapat dihentikan jika gaya diterapkan pada jumlah waktu tertentu.
Gaya yang bekerja untuk waktu tertentu akan mengubah momentum objek. Dengan kata lain, yang selalu memaksa mempercepat objek - baik mempercepatnya atau memperlambatnya. Jika gaya bertindak berlawanan dengan gerakan objek, itu memperlambat objek. Jika suatu gaya bertindak dalam arah yang sama dengan gerakan objek, maka gaya tersebut mempercepat objek tersebut. Gaya akan mengubah kecepatan suatu objek. Dan jika objek diubah, maka momentum diubah.

Impuls
Konsep-konsep ini hanyalah output dari hukum kedua Newton yang dibahas dalam unit sebelumnya. Hukum kedua Newton (Fnet) menyatakan bahwa akselerasi suatu objek berbanding lurus dengan gaya total yang bekerja pada objek dan berbanding terbalik dengan massa objek. Ketika dikombinasikan dengan definisi akselerasi (a = perubahan kecepatan / waktu), persamaan hasil berikut.

F = m • a

atau

F = m • ∆v / t

Jika kedua sisi persamaan dikalikan dengan kuantitas t, hasil persamaan baru.

F • t = m • ∆v
Persamaan ini. Untuk benar-benar memahami persamaan, penting untuk memahami maknanya dengan kata-kata. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa gaya kali waktu sama dengan massa kali perubahan kecepatan. Dalam fisika, kuantitas Gaya • waktu dikenal sebagai impuls. Dan karena kuantitas m • v adalah momentum, kuantitas m • Δv harus menjadi perubahan momentum. 

Tumbukan/Tabrakan = Perubahan momentum

Salah satu fokus dari unit ini adalah untuk memahami fisika yang bertabrakan. Fisika bertabrakan diatur oleh hukum momentum, dan hukum pertama yang unit dinyatakan dalam persamaan di atas. Persamaan ini dikenal sebagai persamaan perubahan momentum-impuls. Hukum dapat diungkapkan dengan cara ini:
Dalam tabrakan, pengalaman sejumlah waktu tertentu yang menghasilkan perubahan momentum. Hasil dari kekuatan jumlah waktu yang diberikan adalah bahwa massa benda itu mempercepat atau memperlambat (atau mengubah arah). Obyek berpengalaman impuls sama dengan perubahan momentum objek. Dalam bentuk persamaan, F • t = m • Δ v.
Dalam sebuah tabrakan, objek mengalami dorongan. Dorongan itu menyebabkan dan sama dengan perubahan momentum. Pertimbangkan sepak bola halfback menjalankan sepak bola dan menghadapi tabrakan dengan punggung defensif. Tabrakan akan mengubah kecepatan halfback dan dengan demikian momentumnya.
Intinya perubahan suatu momentum ketika momentum itu terjadilah yang disebut dengan tumbukan. Tumbukan tidak berhubungan dengan yang lainnya kecuali hanya pada momentum.

0 Response to "Hubungan Momentum, Impuls, dan Tumbukan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel