Tema 4 Subtema 1 Berbagi Pekerjaan

Tempat Hidup Tanaman Teh
Selain segelas air putih, secangkir teh adalah minuman yang tidak sedikit dikonsumsi di sekian banyak  belahan dunia. Di Indonesia tumbuhan teh tumbuh subur di wilayah pegunungan di semua Indonesia.

Teh adalah salah satu tumbuhan tropis yang tumbuh pada ketinggian sekitar  antara 200 hingga dengan 2.000 meter di atas permukaan laut. Suhu yang dibutuhkannya guna dapat tumbuh dengan baik antara 14°– 25°C, yang diikuti oleh cahaya matahari yang cerah. Sinar matahari sangat membantu pertumbuhan teh. Makin tidak sedikit sinar matahari,perkembangan tanaman teh bakal terhambat. Tanaman teh pun tidak tahan terhadap kekeringan. Curah hujan sangat diperlukan tanaman teh.

Di Indonesia, perkebunan teh tersebar di sejumlah wilayah pegunungan di Pulau Jawa dan Sumatera. Ada pula yang berada pada ketinggian 800–1200 meter di atas permukaan laut. Namun pada ketinggian ini, hasil perkebunannya tidak sebaik hasil dari perkebunan di wilayah yang lebih tinggi. Aroma teh yang didapatkan di sini tidak sewangi teh di perkebunan yang lebih tinggi. Pada elevasi ini, kebun teh membutuhkan pohon pelindung tetap dan membutuhkan material penutup tanah untuk mengawal kelembapan tanah.

Pohon teh juga bermanfaat untuk menangkal terjadinya erosi. Tanaman teh yang ditanam berderet rapi dengan jarak satu meter menyangga derasnya aliran air sampai-sampai tanah tidak terkikis terbawa air. Di balik secangkir teh yang biasa anda minum masing-masing hari, bisa diketahui bahwa lingkungan memprovokasi pertumbuhan dan rasa teh. Lingkungan yang tepat akan menyerahkan hasil yang baik

Jawablah pertanyaan berikut!
1. Di mana tumbuhan teh hidup?
Teh adalah salah satu tumbuhan tropis yang tumbuh pada ketinggian antara 200 hingga dengan 2.000 meter di atas permukaan laut.

2. Bagaimana caranya supaya tanaman teh bisa berfungsi menahan erosi?
Tanaman teh yang ditanam berderet rapi dengan jarak satu meter menyangga derasnya aliran air sampai-sampai tanah tidak terkikis terbawa air.

3. Apa yang terjadi bilamana tanaman teh terus menerus dikonsumsi besar- besaran? Apabila tumbuhan teh dikonsumsi terus menerus dan secara besar-besaran tumbuhan teh bakal terganggu kelestraiannya.

4. Apa yang usahakan dilaksanakan oleh petani teh supaya tumbuhan teh tetap bertahan?

Pengolahan tanah ialah mengusahakan tanah menjadi subur, gembur dan bersih dari sisa-sisa akar dan tunggul, serta mematikan gulma yang masih tumbuh,
Dalam penanaman, hal-hal yang mesti diperhatikan ialah penentuan jarak tanam yang tepat, pengajiran, penciptaan lubang tanam, kiat penanaman dan penanaman tumbuhan pelindung yang diperlukan,
Didalam budidaya teh, tumbuhan harus bersih dari gulma dan dilaksanakan pemangkasan supaya tanaman tidak terserang penyakit.

5. Apa yang dapat anda lakukan supaya tanaman teh tidak cepat berakhir dan tanah yang dipakai untuk menempatkan tetap subur? Setiap tumbuhan yang anda konsumsi mesti dipertahankan kelestariannya. Tanaman teh dapat dipertahankan kelestarianya dengan pemberian pupuk dan perawatantumbuhan yang teratur.

Buatlah peta benak yang berisikan informasi mengenai pentingnya menjagaekuilibrium alam dan kelestarian sumber daya alam untuk manusia.


dibawah ini merupakan proses pembuatan teh yang ada diindonesia



Taman Bermain yang Hilang
Malam hari adalahmalam yang dirindukan oleh Kupi, kepiting kecil. Iamerasakan saat-saat berlangsung perlahan di gundukan pasir bareng ayahnya. Mereka menanti datangnya air pasang, yang akan membawa mereka ke dunia yang berbeda. Ya, Kupi tidak jarang kali menanti saat-saat mereka terhempas oleh air pasang, kemudian tiba di hutan bakau. Nanti di sana ia tentu akan bertemu dengan teman-teman kecilnya yang lain. Upi, si udang kecil, Kuro, si kura-kura, dan teman-teman yang lebih banyak seperti Bangau Cilik dan Momo si monyet. Di antara akar bakau merekadapat bermain kejar-kejaran, petak umpet, atau istirahat di sela akar yang melintang. Seru sekali saat-saat itu.

Ada kalanya mereka berpisah, terbawa oleh pasang surut, pulang ke laut bebas. Namun, sebuah hari mereka bertemu lagi dan bermain bareng lagi. Suasana di hutan bakau tentu bertolak belakang dengan keadaan di laut lepas. Airnya juga berbeda. Tidak asin laksana air laut, namun tidakpun tawar. Kupi tidak tahu apa namanya. Berbeda, namun Kupi dan teman-teman tetap dapat bermain dengan nyaman.

Malam itu, di pesisir pantai, Kupi bertanya pada ayahnya. “Ayah, mengapaanda tidak lagi pernah dapat bertemu dengan Bangau Putih, rekan ayah? Aku pun sudah rindu bertemu dengan sahabat-sahabat kecilku. Aku telah lama sekali tidak bertemu dengan Upi, Kuro, Bangau Cilik, dan Momo. Mengapa kini susah sekali anda bertemu dengan mereka ya?”

Sambil berlangsung pelan di gundukan pasir, ayah kepiting menyatakan perlahan. “Kupi, sayang sekali hutan bakau tempatmu bermain telah rusak. Ayah dengar dari Paman Nelayan, insan di pesisir pantai sana hendak membuat bangunan-bangunan yang tinggi menjulang. Butuh lahan yang lebih luas. Oleh karenanya mereka menebang berakhir hutan bakau. Mereka bangun gedung tinggi menjulang ke langit di atas taman bermainmu dulu.” Ayahmenyatakan perlahan. Sesungguhnya ia tidak hendak Kupi sedih. Tetapi bagaimana lagi? Ayah tidak hendak Kupi terus menanti tanpa pasti.

Kupi tertunduk sedih. Pupus telah harapannya bertemu lagi dengan sahabat-kawan kecilnya.

“Mengapa insan begitu jahat, ayah? Mengapa insan tidak memikirkan kita, makhluk kecil di pesisir pantai? Mengapa manusia melulu memikirkan dirinya sendiri?” Kupi meratap pelan, tetapi penuh amarah.

Ayah hendak menenangkan hati Kupi. Ia menambahkan, “Sebenarnya, saat hutan bakau tempatmu bermain ditebang, insan pun menerima dampak buruknya, Kupi. Air laut bakal semakin mudah menjangkau daratan. Tidakterdapat lagi pohon bakau yang menahan. Lama-kelamaan, air tanah di dekat pantai bakal menjadi air asin. Manusia ‘kan tidak dapat minum air asin, Kupi.” Ayah berjuang menjelaskan panjang lebar.

Ayah lantas menambahkan, “Dengan rusaknya pantai dampak penebangan bakau, pekerjaan manusia juga menjadi terganggu. Sekarang wisatawan yangberangjangsana ke pantai ini semakin berkurang. Para saudagar yang dulu berjualan di dekat sini tidak terdapat lagi. Pemandu wisata yang biasamenyatakan tentang keindahan pantai dan hijaunya bakau pun telah jarang terlihat. Nelayan yang biasa memasarkan hasil tangkapan mereka punbermukim sedikit.”

Kupi tidak terhibur oleh keterangan ayah. Pikirnya, biarkan saja insan menerima dampak dari perbuatannya sendiri. Manusia memang tidak jarang tidak bijak. Kupi melulu ingin berdoa, dan berdoa semoga suatu ketika nanti hutan bakau bakal kembali. Semoga suatu ketika nanti terdapat lagi taman lokasinya bermain. Semoga suatu ketika nanti ia masih dapat bertemu dengan sahabat-sahabat kecilnya. Kupi hanya dapat berdoa, semogabesok manusia bisa beraksi lebih bijaksana. Semoga!

Jawablah pertanyaan inilah menurut kisah di atas!
1. Siapa yang bermukim di dalam hutan bakau? Kupi dan Ayahnya.

2. Apa yang biasa dilaksanakan Kupi dengan Ayahnya? Malam itu, di pesisir pantai, Kupi berlangsung pelan di gundukan pasir.

3. Mengapa Kupi kecil hati dan marah? Kupi sedih sebab tidak dapat bertemu teman-teman kecilnya lagi, kupi marah sebab manusia merusak hutan bakau.

4. Gambarlah di antara tokoh. Tulislah pendapatmu mengenai tokoh tersebut.

Betapa tumbuhan paling besar perannya dalam kehidupan kita. Kehidupan yang nyaman terbuat dengan adanya sekian banyak  tumbuhan penjaga lingkungan di dekat kita. Selain berfungsi untuk manusia, tumbuhan pun bermanfaat untuk kehidupan binatang. Salah satu contohnya ialah tanaman bakau.
Melindungi pantai dari erosi dan abrasi. Adanya bakau di pesisir pantaiberfungsi untuk menjaga supaya garis pantai tetap stabil dan tidak terkikis oleh terpaan ombak. Rumpun -rumpun bakau dapat menyerap energi gelombang yang datang sehingga melulu riak gelombang yang hingga di sisi pantai.
Menahan rembesan air laut ke darat.
Sebagai perangkap zat-zat pencemar dan limbah industri. Di samping dapatmengawal daratan, bakau pun mempunyai peran urgen dalam meminimalisir polutan di air laut.
Menciptakan udara pesisir yang bersih dan segar. Daun bakau bisa menyerap gas karbondioksida dan mencungkil oksigen ke lingkungan. Dengan demikian, udara di dekat pantai tetap bersih dan segar.
Menjadi habitat alami sekian banyak  biota darat dan laut. Kelestarianfauna laut dan darat laksana udang, kepiting, sekian banyak  jenis ikan, burung, monyet, serta biawak terjaga dengan adanya hutan bakau di pesisir pantai.
Mengurangi akibat bencana dampak gelombang laut, laksana badai dan gelombang pasang.

Mengapa anda harus mengawal kelestarian tumbuhan bakau? Tanaman bakau memiliki guna yang banyak untuk kehidupan.

Apa yang terjadi bila hutan bakau rusak? Jika hutan bakau bobrok makaekuilibrium alam bakal terganggu.

Bagaimana hutan bakau bisa menjaga ekuilibrium alam? Jelaskan. Hutan bakau membuat udara pesisir yang bersih dan mengayomi pantai dari abrasi.

Apa saranmu supaya hutan bakau tetap lestari? Hutan bakau mestidipertahankan kelestarianya supaya keseimbangan alam dan keselamataninsan tetap terjaga. Di sekitarmu ada sumber daya alam yang mesti anda jaga. Sebutkan dua sumber daya alam yang terdapat di lingkunganmu dan tulislah sangat sedikit tiga pekerjaan untuk menjaganya.


0 Response to "Tema 4 Subtema 1 Berbagi Pekerjaan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel