Jenis-jenis Peta yang Sering digunakan

Ada banyak jenis peta yang digunakan orang untuk tujuan berbeda. Beberapa peta memiliki fungsi untuk menjadi peta bantuan, yang dimana peta jenis ini dapat ditemukan di sekitar kota-kota. Yang lain adalah peta yang lebih profesional terlatih, seperti ilmuwan. Setiap jenis peta memiliki tujuan yang berbeda, tetapi semuanya menunjukkan Bumi dengan caranya sendiri. Terus membaca untuk mempelajari lebih lanjut tentang berbagai jenis peta!


Peta Politik
Peta politik adalah peta yang tidak menunjukkan fitur fisik Bumi. Alih-alih, peta-peta ini menunjukkan batas politik negara bagian dan negara. Peta politik terkadang menunjukkan kota-kota besar berlabel, terutama ibu kota. Contoh peta politik adalah peta Amerika Serikat dengan semua negara bagian diuraikan. 
Peta politik penting karena dapat membantu kami belajar tentang berbagai negara. Misalnya, jika kami bertanya-tanya di mana negara Vietnam, kami dapat melihat peta politik Asia, atau dunia. Peta politik Amerika Serikat dapat membantu kami mempelajari di mana semua negara bagian berbeda.

Peta Kota dan Jalan
Peta kota dan jalan adalah peta yang berguna untuk menavigasi tempat-tempat baru. Peta-peta ini digunakan secara luas oleh orang-orang biasa untuk mengetahui cara menuju ke suatu tempat. Peta-peta ini menunjukkan jalan dan lokasi utama, seperti bandata, museum, dan taman. Terkadang peta jalan menunjukkan satu kota, tetapi mereka juga dapat menunjukkan area yang lebih besar, seperti seluruh Amerika Serikat.
Kami dapat menggunakan peta jalan untuk mengetahui cara mengemudi di suatu tempat dan memastikan Kami tidak tersesat jika berada di tempat baru. Saat ini, peta kota dan jalan tidak banyak digunakan karena banyak orang memiliki peta GPS di ponsel mereka. Bertahun-tahun yang lalu, orang tidak memiliki ponsel dengan GPS dan harus bergantung pada peta jalan agar tidak tersesat.

Peta Topografi
Peta topografi menunjukkan fitur fisik suatu tempat di Bumi. Peta-peta ini memiliki garis khusus yang disebut garis kontur. Ketika garis lebih dekat bersama, itu menunjukkan bahwa tanahnya curam (seperti sisi gunung). Ketika garis-garisnya berjauhan, tanah menjadi lebih rata.

Banyak orang menggunakan peta topografi, seperti pejalan kaki, ilmuwan, dan pekerja konstruksi. Penting bagi orang-orang ini untuk mengetahui di mana ada gunung dan lembah di tanah itu.

Peta Iklim
Peta iklim menunjukkan iklim berbagai tempat di peta. Istilah iklim meliputi jumlah hujan di suatu tempat dan suhu rata-rata. Peta-peta ini juga dapat menunjukkan aspek iklim lainnya, seperti seberapa banyak salju turun. Biasanya, peta iklim menggunakan warna untuk menunjukkan berbagai jenis iklim di daerah tersebut.
Peta iklim sering menunjukkan berbagai bioma yang ada di suatu daerah. Bioma adalah tempat di alam dengan iklim tertentu. Pelajari lebih lanjut tentang berbagai bioma di artikel Jenis-Jenis Bioma.

Peta Geologis
Peta geologis menunjukkan fitur geologis Bumi. Fitur-fitur ini termasuk lempeng tektonik, batas lempeng, dan berbagai jenis batuan. Peta geologis membantu para ilmuwan memprediksi gempa bumi dan mempelajari sejarah Bumi.
Kurang lebih itulah jenis peta yang ada di masyarakat. Semua peta memiliki fungsi dan daya tariknya masing-masing. Penggunaannya pun harus didasarkan pada kegiatan yang tepat. 
Selalu belajar mengenai hal baru tentang jenis-jenis peta yang lainnya karena tidak menutup kemungkinan di masa yang akan datang, jenis peta semakin bertambah banyak fungsi dan kegunaannya. Tidak ada yang tau. 
Terima kasih telah membaca artikel kami.

0 Response to "Jenis-jenis Peta yang Sering digunakan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel