Pengertian Atom dan Molekul

Pengertian Atom dan Molekul Apa itu Atom?
Atom adalah blok bangunan materi. Atom merupakan unit penyusun terkecil dari materi yang memposisikan sifat-sifat unsur kimia. Atom tidak ada secara independen, sebaliknya, mereka membentuk dan molekul yang selanjutnya menggabungkan sejumlah besar untuk membentuk materi yang kita lihat, rasakan dan sentuh.
Berapa ukuran atom?
Ukuran atom sangat kecil, jauh lebih kecil dari imajinasi kita. Lapisan selembar kertas atom tebal terbentuk ketika lebih dari jutaan ditumpuk bersama. Tidak mungkin untuk mengukur ukuran atom yang terisolasi karena sulit untuk menemukan posisi elektron yang mengelilingi nukleus. Namun, ukuran atom dapat diperkirakan dengan mengasumsikan bahwa jarak antara atom-atom yang berdekatan sama dengan setengah jari-jari atom. Jari-jari atom umumnya diukur dalam nanometrik.


1 m = 109nm

Ukuran Relatif
Contoh         Radii (m)
Atom Hidrogen 10−10m
Molekul air 10−9m
Molekul hemoglobin 10−8m
Butir Pasir 10−4m

Terbuat dari apakah atom?
Sebuah atom terdiri dari tiga partikel, yaitu, neutron, proton, dan elektron dengan hidrogen sebagai pengecualian tanpa neutron. Setiap atom memiliki nukleus yang mengikat satu atau lebih elektron di sekitarnya.
Nukleus secara tipikal memiliki jumlah proton dan neutron yang sama yang dikenal sebagai nukleon. Proton bermuatan positif, elektron bermuatan negatif dan neutron netral.
Apa itu Massa Atom?
Massa atom adalah massa atom dalam unsur kimia. Massa atom kira-kira setara dengan total neutron dan proton yang ada dalam atom. Ini diekspresikan dalam satuan massa atom (dilambangkan dengan u). 1amu sama dengan satu per dua belas massa 1 atom C-12 dan massa atom relatif dari unsur-unsur ditentukan sehubungan dengan atom-12.

Massa atom dari Beberapa Elemen
Elemen Massa Atom (u)
Hidrogen 1
Karbon 12
Nitrogen 14
Oksigen 16
Sodium 23
Magnesium 24
Belerang 32
Klorin 35,5
Kalsium 40

Atom adalah partikel tak terpisahkan yang tidak dapat dihancurkan atau diciptakan melalui reaksi kimia. Semua atom suatu unsur memiliki sifat kimia dan massa yang identik, sedangkan atom unsur yang berbeda memiliki sifat dan massa kimia yang berbeda. Atom bergabung dalam rasio bilangan bulat kecil untuk membentuk senyawa.
Apa itu Molekul?
Molekul didefinisikan sebagai unit terkecil dari suatu senyawa yang mengandung sifat kimiawi dari senyawa tersebut. Molekul terdiri dari kelompok atom. Menjelaskan struktur atom, atom juga dibagi menjadi unit yang lebih kecil. Proton, elektron, dan neutron adalah sub-partikel dari sebuah atom. Proton dan neutron terkandung di dalam inti atom dan elektron berputar di sekitar inti. Proton adalah partikel bermuatan positif sedangkan elektron adalah partikel bermuatan negatif. Neutron tidak membawa muatan apa pun. Jadi kita dapat mengatakan bahwa nukleus bermuatan positif karena adanya proton. Nukleus adalah massa massal di pusat atom. Kemudian materi tersebut, atom, sebagian besar menjadi kosong.
Setiap elemen memiliki nomor atom tertentu. Jumlah atom suatu unsur didefinisikan sebagai jumlah proton yang ada dalam nukleusnya. Ini dilambangkan oleh Z.
Ketika kita berbicara tentang massa atom, massa partikelnya dipertimbangkan. Elektron memiliki massa yang dapat diabaikan. Karenanya massa atom adalah jumlah dari massa proton dan neutron. Nomor massa dilambangkan dengan A.

Kita telah mengenal secara singkat sifat-sifat atom dan molekul. Tetap bersama kami untuk informasi lebih lanjut tentang Atom dan Molekul. Tetap pelajari materi yang lain dari kami untuk mengembangkan pengetahuan serta wawasanmu mengenai atom dan molekul.

0 Response to "Pengertian Atom dan Molekul"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel