Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan

Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan - Pahlawan ialah orang orang yang paling berjasa, berani dan sarat pengorbanan untuk bangsa, negara, dan agama. pahlawan pun orang yangpaling gagah berani sebab mereka sudah rela mempertaruhkan nyawa untukmenjaga kemerdekaan.

Rasa cinta tanah air dan bangsa diperlihatkan dengan teknik yang berbeda. Perjuangan dilaksanakan oleh semua pendidik yang menegakkan sekolah-sekolah rakyat guna mencerdaskan bangsa. Perjuangan dilaksanakan juga oleh semua diplomat yang berusaha menekan status pihak penjajah di meja diplomasi. Perjuangan dilaksanakan juga oleh semua pengelola surat kabar dan radio untuk membangunkan rasa cinta tanah air dan menyalakan semangat perjuangan untuk masyarakat. Bahkan perjuangan jugadilaksanakan oleh semua seniman dan budayawan melewati lagu-lagu perjuangan ciptaan mereka.

Sifat kepahlawanan pun ditunjukan pada gambar di bawah ini.
Contoh Kepahlawanan

1. Menjenguk rekan yang sakit
2. Belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh
3. Menolong rekan yang merasakan kesusahan

Menolong orang beda dengan ikhlas, berani, dan gigih adalahsikap yangdipunyai oleh semua pahlawan. Bagi menghargai mereka, kamu dapat meneladani sikap kepahlawanannya dalam kehidupan sehari-hari. Sikap kepahlawanan pun tercermin dari perbuatan sejumlah raja di masa
kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam.

Raja Purnawarman, Panji Segala Raja
Raja Purnawarman mulai memerintah Kerajaan Tarumanegara pada tahun 395 M. Pada masa pemerintahannya, ia selalu berusaha untuk rakyatnya. Iamembina saluran air dan membasmi perompak.

Raja Purnawarman sangat menyimak kesejahteraan rakyatnya. Ia membetulkan aliran Sungai Gangga di wilayah Cirebon. Dua tahun kemudian, ia pun memperbaiki dan memperindah alur Sungai Cupu sampai-sampai air dapat mengalir ke semua kerajaan. Para petani senang sebab ladang mereka mendapat air dari aliran sungai sampai-sampai menjadi subur. Ladangsemua petani tidak kekeringan pada musim kemarau

Raja Purnawarman pun berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegaraguna memerangi bajak laut yang merajalela di perairan Barat dan Utara kerajaan. Setelah Raja Purnawarman sukses membasmi seluruh perompak,suasana menjadi aman. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara lantas hidup aman dan sejahtera.

Sebagai wujud kerinduan rakyat Kerajaan Tarumanegara untuk Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalam format prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciaruteun.

Setelah menyimak teks tersebut, jawab pertanyaan berikut!
1. Tuliskan perjuangan yang dilaksanakan oleh Raja Purnawarman!
Perjuangan yang dilaksanakan oleh Raja Purnawarman ialah diamenciptakan saluran air yang dihubungkan dari sungai Citarum, Jawa barat.
Beliau selalu berusaha untuk rakyatnya
Raja Purnawarman pun berani memimpin Angkatan Laut Kerajaan Tarumanegaraguna memerangi bajak laut
2. Tuliskan sikap kepahlawanan yang dipunyai oleh Raja Purnawarman!
Sikap kepahlawanan yang dipunyai oleh Raja Purnawarman ialah berani dan pantang menyerah memberantas durjana untuk ketenteraman dan kesejahteraan rakyatnya.

3. Apa yang dialami rakyat Kerajaan Tarumanegara atas perjuangan yangdilaksanakan oleh Purnawarman?
Dampak perjuangan yang dilaksanakan oleh Purnawarman untuk rakyat Tarumanegara ialah karena ladang kepunyaan mereka menemukan air dari aliran sungai sampai-sampai menjadi subur dan tidak menderita kekeringan pada musim kemarau, suasana menjadi aman sebab para perompak sudah dikalahkan. Rakyat di Kerajaan Tarumanegara lantas hidup aman dan sejahtera.

4. Menurutmu, bagaimana kehidupan rakyat kerajaan Tarumanegara andai Rajanya tidak mempunyai sikap kepahlawanan?
Jika Kerajaan Tarumanegara tidak dipimpin oleh Raja Purnawarman, kehidupan rakyatnya tidak bakal aman dan sejahtera sebab tidak terdapat yangmembetulkan saluran air dan membasmi perompak. Tetapi, barangkali sajabakal ada figur lain yang mengerjakan hal tersebut

5. Ceritakan pulang isi teks menurut jawaban-jawabanmu. Tulisanmu mestimenyimak peristiwa yang ada, runtut, dan memakai ejaan yang benar
Raja Purnawarman ialah raja Kerajaan Tarumanegara yang hidup di masa kerajaan Hindu. Karena Raja Purnawarman, rakyat Kerajaan Tarumanegara hidup aman dan sejahtera. Raja Purnawarman ialah raja yang berani melawan kejahatan, pantang menyerah, dan cinta rakyatnya sebab telah berusaha dengan gigih membela rakyatnya. Beliau memimpin armada laut guna menupas perompak yang merajalela. Sebagai wujud kerinduan rakyat Kerajaan Tarumanegara untuk Raja Purnawarman, telapak kakinya diabadikan dalamformat prasasti yang dikenal sebagai Prasasti Ciareteun.
Berikut ialah beberapa figur dan peninggalan kerajaan pada masa kerajaan Hindu, Buddha, dan Islam. Peninggalan yang mereka wariskan tidak hanya benda bersejarah, namun pun pemikiran dan nilai-nilai perjuangan yangsudah mengispirasi bangsa Indonesia.
Kepahlawanan


Peninggalan tidak saja benda bersejarah saja tetapi pun pemikiran atau nilai-nilai yang dapat mempengaruhi hidup masyarakat, contohnya Raja Purnawarman mempunyai nilai mengayomi orang lain, dalam urusan ini rakyatnya.
Perjuangan apa yang telah dilaksanakan oleh Raja Balaputradewa?
Membangun armada laut yang kuat
Pada masa pemerintahan Balaputra Dewa, Sriwijaya merasakan masa kejayaannya.
Raja Balaputra Dewa dengan pertolongan Raja Dewapaladewa di Pali telahmenegakkan Vihara di Nalanda (India) untuk pelajar-pelajar Nusantara yang belajar agama Budha di Nalanda
Perkembangan pelayaran dan perniagaan di Selat Malaka semakin pesat. Sikap yang dipunyai nya berani, tegas dalam memimpiin
Perjuangan apa yang telah dilaksanakan oleh Sultan Iskandar Muda?
Memperluas distrik aceh hingga ke semenanjung malaisya.
Aceh merasakan masa kejayaaan sebab menjadi pusat perniagaan & pengembangan doktrin islam
Gigih, pemberani, rela berkorban.
Perjuangan apa yang telah dilaksanakan oleh Sultan Hasanudin ?
Sultan Hasanuddin paling gagah berani dalam melawan VOC. 
Beliau berani mengorbankan semua hidup, kesenangan, serta kemewahannyaguna membela kebesaran bangsa dan negaranya. 
Beliau membela kebesaran negara dan menjaga setiap jengkal tanah airnya dengan cucuran darah.
Gigih, pemberani, rela berkorban
Perjuangan apa yang telah dilaksanakan oleh Gajah Mada dan Hayam Wuruk ?
Gajah Mada dan Hayam Wuruk telah sukses mempersatukan nusantara.
Gajah Mada dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, baik tatkala masih menjadi prajurit, patih, sampai panglima perang. 
Tatkala kerajaan Majapahit diserang oleh Ra Kuti Gajah Mada menyelematkan raja Jayanagara beserta keluarganya.

Dayu paling kagum dengan perjuangan Raja Purnawarman. Banyak yang telahdilaksanakan untuk rakyatnya. Sambil duduk di ambang kolam yang bening airnya, Dayu masih merenungi jasa-jasa Raja Purnawarman, khususnya pembangunan drainase air. Ia berpikir, tentu saluran tersebut paling bermanfaat untuk masyarakat ketika itu.

Dayu terus merenung seraya memandangi wajahnya yang terpantul di kolam. Tahukah anda mengapa Dayu dapat melihat dirinya di air kolam? Air kolamdapat memantulkan cahaya. Kamu bakal belajar mengenai cahaya nmelaluieksperimen berikut.

Sifat-sifat cahaya
Alat dan Bahan Percobaan
Percobaan
Cahaya merambat lurus. Percobaan memakai tiga karton tebal dan lilin. Lubangi unsur tengah ketiga karton tersebut. Letakkan dengan posisi tiga lubang itu sejajar dengan cahaya lilin tepat di belakang lubang. Perhatikan apa yang terjadi! Lalu jajaki menggeser posisi masing-masing lubang menjadi tidak sejajar. Perhatikan perbedaanya!
Cahaya menjebol benda bening. Percobaan memakai cahaya matahari/ cahaya senter, gelas/benda-benda transparan/bening, benda-benda berwarna gelap, dan benda-benda bening, namun berwarna. Letakkan perlengkapan seperti pada gambar. Arahkan cahaya ke tembok berwarna putih. Perhatikan apa yang terjadi.
Cahaya bisa dipantulkan. Percobaan memakai dua cermin datar dan senter. Coba pantulkan cahaya senter memakai cermin. Coba sekian banyak  posisi cermin yang bertolak belakang dan pakai lebih tidak sedikit cermin. Amatilah apa yang terjadi pada cahaya pantul!
Cahaya bisa dibiaskan. Percobaan memakai pensil yang separuh bagian panjanganya sedang di dalam gelas mengandung air. Amati pensil dari segi samping luar gelas. Bagaimana penampakan dan besar pensil dibanding aslinya?

0 Response to "Tema 5 Subtema 1 Perjuangan Para Pahlawan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel