Apa Itu Gerhana Matahari?

Apa Itu Gerhana Matahari?
Persyaratan sebuah gerhana matahari terjadi adalah matahari dan bumi bergerak, kemudian bulan menghalangi sinar matahari dan membentuk bayangan pada bagian-bagian Bumi.
Bulan harus berada konstan di posisi tertentu untuk menutupi bagian bumi, sehingga bayangan selalu terbatas pada area tertentu. Area ini berubah selama gerhana karena Bulan dan Bumi bergerak konstan. Bumi terus berputar di sekitar porosnya sementara ia mengorbit Matahari, dan Bulan mengorbit Bumi. Inilah sebabnya mengapa Gerhana Matahari tampaknya berpindah dari satu tempat ke tempat lain

Ada 4 jenis gerhana matahari. Dan setiap jenis memiliki perbedaannya masing-masing, seperti berapa banyak sinar matahari yang tertutupi, besarnya gerhana, dan pada bagian mana dari bayangan Bulan yang jatuh di Bumi.
1.Gerhana matahari sebagian terjadi ketika Bulan hanya sebagian mengaburkan sinar Matahari dan hanya melemparkan penumbra di Bumi.
2.Gerhana matahari berbentuk cincin terjadi ketika sinar Matahari dan tepi luar Matahari tetap terlihat seperti cincin api di langit. 

3. Gerhana matahari total terjadi ketika Bulan sepenuhnya menutupi Matahari, Bulan dekat dengan bumi, dan titik Bulan adalah orbit yang paling dekat dengan Bumi. Kalian hanya dapat melihat gerhana matahari total jika kalian berada di jalur di mana bayangan-bayangan Bulan adalah bayangannya yang paling gelap, umbra.

4.Gerhana Matahari Hibrid, juga dikenal sebagai gerhana annular-total, adalah jenis yang paling langka. Mereka terjadi ketika gerhana yang sama berubah dari annular menjadi gerhana matahari total, dan / atau sebaliknya, di sepanjang jalur gerhana.

5. Gerhana Matahari Utama Terlihat Sebagian Gerhana matahari hanya terlihat dari dalam area di Bumi di mana bayangan Bulan jatuh, dan semakin dekat kalian ke pusat bayangan, semakin besar terlihat Eclipse.

Gerhana matahari biasanya dinamai berdasarkan titik tergelap atau maksimum. Tetapi tidak pada gerhana hibrid karena titik paling gelap gerhana matahari hanya terlihat dari area kecil. Gerhana yang paling ekstase dan hibrida terlihat seperti gerhana total, annular, dan hibrida.

Hanya sekitar Bulan Baru
Agar gerhana matahari terjadi, Matahari, Bulan, dan Bumi harus disejajarkan dengan garis lurus yang sempurna atau hampir sempurna yang disebut astronom syzygy. Ini terjadi sekitar Bulan Baru setiap bulan.

Jadi, mengapa tidak ada gerhana matahari setiap malam Bulan Baru?
Ada 2 alasan:
- Bulan Baru harus berada di dekat simpul bulan. Node-node ini adalah 2 titik di mana bidang jalur orbit Bulan di sekitar Bumi bertemu dengan bidang orbit Bumi di sekitar Matahari - ekliptika. Jalur bertemu karena bidang jalur Bulan di sekitar Bumi cenderung pada sudut sekitar 5 ° ke ekliptika.

- Matahari juga harus dekat dengan simpul bulan sehingga dapat membentuk garis sempurna atau hampir sempurna dengan Bulan dan Bumi. Penjajaran ini terjadi sedikit kurang dari 6 bulan, dan rata-rata berlangsung sekitar 34,5 hari. Hanya selama waktu ini - musim gerhana - gerhana dapat terjadi.

Lindungi Mata kalian!
Jangan pernah melihat langsung ke Matahari, gerhana atau sebaliknya, tanpa kacamata pelindung. Radiasi UV Matahari dapat membakar mata kalian yang menyebabkan kerusakan permanen atau bahkan kebutaan.
Cara terbaik untuk menonton kacamata gerhana pelindung dengan aman atau memproyeksikan gerhana matahari total adalah dengan mengenakan gambar matahari gerhana menggunakan proyektor lubang jarum.
Atau jika tidak kalian bisa melihat pantulan gerhana pada permukaan air di ember.

0 Response to "Apa Itu Gerhana Matahari?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel